Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akses Jalan Buruk, Ibu Hamil di Manggarai Barat Ini Melahirkan di Tengah Jalan Rusak

Selasa | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T05:27:56Z

 

Akses Jalan Buruk, Ibu Hamil di Manggarai Barat Ini Melahirkan di Tengah Jalan Rusak (Foto: Ist)

Labuan Bajo, Detakterkini.com - Kisah haru dialami Venyta Ngedes, seroang ibu hamil asal Desa Golo Ndari, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang harus melahirkan buah hatinya di tengah jalan rusak, pada Senin (29/11/2021) siang.


Venyta terpaksa harus pasrah melahirkan buah hatinya ditengah jalan menuju Puskesmas, lantaran letak Puskesmas yang jauh dari desa disertai buruknya infrastruktur yang berdampak pada sulitnya akses kendaraan menjangkaui wilayah mereka.

Untuk mencapai Puskesmas, Venyta ditandu warga kampung dengan jarak sekitar 5 kilo meter dari kediamanya. Selain itu, fasilitas puskesmas pembantu yang tidak disediakan pemda wilayah itu diduga salah satu penyebab sulitnya warga menjangkau puskesmas wilayah pusat.

Peristiwa itu dibenarkan, Ernesty Suharni Inggur, seorang Bidan yang bertugas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesdes) setempat.

Dirinya mengaku, kondisi itu diketahuinya saat dia sedang menjalankan kegiata pelatihan penurunan angka stunting di Puskesmas Datak.

"Kebetulan bidan yang menangani pasien itu adalah saya sendiri pak, saya bidan di Desanya itu. Sementara kegiatan mereka telepon saya bahwa ibu tersebut mau melahirkan akhirnya saya suruh mereka ke puskesmas datak dan saya yang menjemputnya pake ambulance", kata Ernesty.

Berhubung jalan menuju kampung pasien tersebut buruk hingga tidak bisa diakses kendaraan beroda empat, Bidan Ernesty meminta pihak keluarga agar segera bergegas dari rumah, sementara Ia bersama mobil puskesmas bergegas juga untuk menjemput pasien ke jalan yang bisa diakses kendaraan.

"Keluarga pasien tandu dari kampung Ba'anh, jaraknya sekitar 5 kilo meter. Tetapi baru sekitar 2 kilo meter, pasien sudah melahirkan", terangnya.

Pasca melahirkan di tengah jalan, lanjutnya, pasien dan bayinya pun langsung dibawa ke puskesmas menggunakan ambulance untuk mendapat tindakan.

"Kami bantu pasiennya melahirkan di tengah jalan, setelah itu karena memang kondisi ibunya perlu tindak lanjut makan kami perlu lanjut mambawahnya ke puskesmas pake ambulan dan sampai skarang ibu dan anak dalam keadaan sehat", ungkapnya.

Bidan Ernesty mengaku bertahun-tahun selama dirinya bertugas sebagai bidan desa itu, kejadian serupa memang sering dialaminya.

Terpisah, Kepala Desa Golo Ndari, Benediktus Awan juga membenarkan peristiwa tersebut. Saat ini, kata dia, ibu dan anak berhasil selamat.

"Iya benar, melahirkan di jalan. Ibu tersebut berasal dari kampung ba'ang", katanya.

Benediktus menambahkan, bahwa status jalan daerah menuju kampung ba'ang, Desa Golo Ndari, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat itu sudah sekian lama tidak diperhatikan.


Laporan: Andy Paju
×
Berita Terbaru Update