Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kevikepan Ruteng Gelar Kegiatan Evaluasi Program Pastoral Tahun 2021

Selasa | November 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-30T13:55:50Z

 

Kevikepan Ruteng Gelar Kegiatan Evaluasi Program Pastoral Tahun 2021 (Foto: Ist)

Ruteng, Detakterkini.com - Puluhan peserta yang diutus dari Paroki se-Kevikepan Ruteng menggelar kegiatan sidang Evaluasi Pastoral Tahun Tata Layanan Pastoral kasih 2021, bertempat di Paroki St. Mikael Kumba, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, 29 - 30 November 2021.

Informasi yang diperoleh media, para peserta dalam kegiatan ini mengevaluasi berbagai program kerja pastoral yang telah dijalankan selama tahun 2021 berkaitan dengan sensus umat, aset keuskupan, dan aset paroki. Selain itu, juga dibahas berkaitan dengan bidang-bidang tugas gereja seperti bidang pewartaan, pengudusan, persekutuan dan pelayanan sosial.

Dalam FGD yang dipandu oleh tim dari Puspas Ruteng, banyak isu pastoral yang diangkat oleh peserta, duantaranya isu permandian darurat, pernikahan beda agama, pernikahan di bawah umur, poligami, pembaptisan anak yang orang tuanya belum menikah, paroki ramah anak, dan paroki yg peka terhadap eksistensi lingkungan.

Terkait kegiatan itu, Vikep Ruteng RD. Geradus Janur mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara sekaligus menyatakan rasa bangganya atas antusias peserta yang hadir dari 26 paroki se-Kevikepan Ruteng untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan penuh semangat serta aktif mengemukakan pendapat dan pandangan terkait kehidupan menggereja dewasa ini.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pastor Paroki Kumba beserta panitia yang telah menyiapkan segala sesuatu demi memperlancar kegiatan evaluasi ini. Kegiatan ini bisa seperti ini karena kerja keras Kalian semua. Saya juga berterima kasih dan merasa bangga sebab semua peserta terlibat aktif dalam seluruh agenda yang ditetapkan dalam evaluasi ini", ucap Rm. Geradus.

Dikatakannya, meski pelaksanaan program pastoral berjalan ditengah ancaman pandemi Covid-19 dan masih terdapat catatan yang harus diperhatikan atas program-program yang belum dijalankan secara maksimal, namun semua paroki se-kevikepan Ruteng telah menjalankan program-program dengan baik.

"Pikiran, pendapat dan saran dari para Romo dan Bapak/Ibu menjadi masukan yang sangat berarti bagi perkembangan kehidupan gereja di Kevikepan kita ke depannya. Dinamika yang terjadi selama FGD merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan nyata gereja kita. Mari kita jadikan semuanya itu sebagai pemicu dan pelecut semangat untuk senantiasa melahirkan gagasan yang kreatif dan inovatif demi kemajuan gereja kita", ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pelaksana Pastoral Paroki Kumba, Flori Mentot saat dimintai tanggapannya mengaku bahwa kegiatan evaluasi yang digelar sangat bagus karena dapat melihat kembali perjalanan masing-masing paroki selama tahun 2021.

"Kegiatan ini sangat luar biasa. Kita berkumpul untuk melihat sejauh mana pelaksanaan program kerja masing-masing paroki dan dampaknya bagi kehidupan umat dalam berbagai aspek", kata Flori.

Meskipun ada tekanan bencanan non alam covid-19, lanjutnya, paroki-paroki di Kevikepan Ruteng ini masih bisa menjalankan program pastoral dengan baik dan cukup sukses.

"Kekurangan pasti ada. Dan itu yang harus kita perbaiki ke depan. Saya juga berterima kasih kepada Romo Vikep dan para Pastor Paroki se-Kevikepan Ruteng yang telah memilih Paroki Kumba sebagai tempat pelaksanaan evaluasi. Inilah Paroki Kumba. Inilah kami. Semoga pelayanan kami berkenan di hati para peserta evaluasi", imbuhnya.

Senada disampaikan, salah seorang peserta yang enggan dimediakan namanya juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan gereja di masa depan.

Dirinya pun turut menyampaikan terima kasih kepada pastor paroki Kumba bersama panitia yang telah menjadi tuan rumah dalam kegiatan itu.

"Saya merasakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kemajuan dan perkembangan gereja ke depan. Gereja harus hidup selaras zaman. Gereja harus terus merefleksikan dirinya agar bertumbuh ke arah yang lebih maju. Evaluasi menjadi momen yang sangat menentukan arah gereja. Saya juga berterima kasih kepada Pastor Paroki Kumba bersama jajaran panitia yang telah menjadi tuan rumah yang melayani dengan hati penuh kasih", ucapnya.

Sebagai informasi, adapun paroki-paroki yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya; Paroki Pagal, Paroki Poco, Paroki Karot, Paroki Timung, Paroki Poka, Paroki Kumba, Paroki Mbaumuku, Paroki Karot, Paroki Redong, Paroki Golodukal, Paroki Cewonikit, Paroki Katedral, Paroki Ponggeok, Paroki Iteng, Paroki Denge, Paroki Narang, Paroki Todo, Paroki Langke Majok, Paroki Rejeng, Paroki Cancar, Paroki Ngkor, Paroki Wangkung, Paroki St. Klaus, Paroki Beo Kina, Paroki Rua, dan Paroki Nanu.


Laporan: Andy Paju
×
Berita Terbaru Update