Tolak Rencana Pemda Nagekeo, Sity Aysa: 'Kami Akan Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan'

Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Tolak Rencana Pemda Nagekeo, Sity Aysa: 'Kami Akan Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan'

Detak Terkini
Selasa, Januari 18, 2022 WIB
Perwakilan perempuan adat wilayah Flores tengah, Sity Aysa (Foto: FEC Media/Yunt Tegu)

Nagekeo, Detakterkini.com - Polemik pembangunan waduk Lambo, Desa Rendu Butowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, NTT terus disoroti oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan perempuan adat wilayah Flores bagian tengah.


Salah satunya datang dari Perwakilan perempuan adat wilayah Flores tengah, Sity Aysa.

Dirinya merupakan salah satu perwakilan perempuan yang dengan tegas menolak wacana dibangunnya waduk Lambo.

Setidaknya, kata dia, sudah ada enam tahun belakangan masyarakat adat Rendu, Desa Butowe, diganggu oleh sejumlah pihak dengan cara pengukuran tanah dan lain sebagainya.

Sementara, tegasnya, sudah jelas masyarakat adat menyatakan diri menolak untuk pembangunan waduk Lambo di lokasi Desa Rendu itu.

"Masyarakat disini sudah meminta Pemda untuk membangun waduk di lokasi Lowopebu dan Malawaka," ungkap Sity, kepada media, Selasa (18/1/2022) sore.

Bagi Sity, tanah itu diibaratkan seperti seorang ibu kandung yang sudah memberi kehidupan bagi kehidupan manusia. Karena itu, pihaknya akan terus pertahankan tanah adat yang sudah memberi mereka kehidupan hingga anak cucu mereka dan terus memperjuangkan tanah ulayat itu, sebab mereka menyadari bahwa apabila itu dibiarkan maka masyarakat adat nantinya kehilangan kehidupan atau kehilangan wilayah adatnya.

"Yang harus diwariskan ke anak cucu nanti adalah tanah, bukan air. Maka dari itu, sebagai perempuan adat kami terus mempertahankan sampai pada titik darah penghabisan," jelasnya.

Ia juga mengharapkan kepada Pemda Nagekeo untuk mendengar apa yang disampaikan oleh masyarakat adat Rendu.

"Diharapkan Pemda Nagekeo untuk berpikir lebih kritis lagi terkait wacana pembangunan waduk Lambo karena masyarakat terus mempertahankan tanah ini agar generasi penerus tetap mendiami wilayah ini," harapnya.


Laporan: Yunt Tegu
Komentar

Tampilkan

  • Tolak Rencana Pemda Nagekeo, Sity Aysa: 'Kami Akan Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan'
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed